Senin, 02 Juli 2012

PIPA KAPILER


Pipa kapiler adalah pipa pada alat pendingin yang paling kecil baik itu pada AC, Kulkas, Freezer, Dispenser, dll. Ukuran pipa kapiler pada kulkas, freezer, atau dispenser sekitar 0,26” sampai 0,31”. Namun pipa kapiler pada AC tentu lebih besar karena ukuran kompresor juga lebih besar. Yaitu sekitar 0,5” sampai 0,7” pada AC ½ -2PK.

Kerusakan yang sering terjadi pada pipa ini disebabkan karena kotoran yang menyumbat pipa ini, atau karena oli kompresor ikut naik karena gas refrigent yang keluar dariompresor telah menjadi gas yang bertekanan yang mengalir melalui pipa ke kondensor lalu melewati proses penyaringan pada suatu alat yang bernama drier strainer. Panjang pipa yang dibutuhkan pada alat pendingin (kulkas) kira-kira 80-100cm. Untuk menghemat tempat dan mengamankannya, maka pipa ini biasanya digulung pakai mal kapasitor bekas.

Fungsi Pipa Kapiler
Fungsi pipa ini adalah untuk menurunkan tekanan aliran refrigent yang berbentuk gas serta mengatur cairan refrigent dari kondensor. Saat refrigent akan melewati pipa kapiler harus melalui proses penyaringan agar kotorannya tidak menyumbat pipa kapiler yang sangat kecil ini. Alat penyaring ini disebut  drier strainer.

Fungsi drier strainer adalah menyaring debu atau kotoran yang ikut masuk melalui pipa-pipa alat pendingi sebelum masuk ke pipa kapiler yang selanjutnya menuju evaporator. Bila kita. Bila pipa kapiler ini mengalami kebuntuan maka jalan satu-satunya harus diflushing dan drier strainer harus diganti. Karena kalau drier strainer tidak diganti maka dipastikan kebuntuan akan terulang lagi.

Cara Mengganti Pipa Kapiler Kulkas
Karena ukuran pipa kapiler kulkas sangat kecil yaitu 0,26-0,31 maka harus hati-hati. Dan bagi yang baru belajar diharuskan ada pendamping khusus, namun karena persaingan bisnis jarang sekali orang yang lebih senior mau membagikan ilmunya . Namun disini akan saya tuliskan cara saya untuk mengatasi pipa kapiler kulkas yang ter sumbat. Cara adalah dengan membuka cover depan kulkas, lalu lepaskan pipa yang terhubung dengan evaporator menggunakan las. Lalu flushing evaporator sampai bersih dan juga jalur-jalur lainnya. Buat lubang pada bodi kulkas menggunakan bor. Lalu lewat lubang tersebut pipa kapiler dihubungkan antara evaporator  dengan drier strainer  dan pipa yang satunya ke kompresor. Rapikan dan vacuum lalu isi Freon.

Sementara hanya ini yang bias saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin belajar pendingin. Belajarlah yang rajin karena sampai sekarang pun saya masih harus banyak belajar.

1 komentar:

  1. sertakan gambar biar lebih gampang di fahami...heheee

    slm sukses dab

    BalasHapus