Jumat, 03 Agustus 2012

Sedikit Koode Error pada Mesin Cuci 1 tabung

Setiap permasalahan pada mesin cuci tiadak selalu kelihatan, apalagi kalau mesin cuci 1 tabung. Misalnya  sewaktu kita mencuci awalnya tidak masalah tapi untuk pencucian kedua muncul kode error semisal LE atau E9 disertai suara tulit-tulit tidak usah bingung. Berikut kode arti kode error pada mesin cuci merk Sharp

1.Kode error "LE"

Kode ini biasa keluar ketika kita menggunakan mesin cuci untuk mencuci, namun pada saat waktunya proses pengeringan muncul kode tersebut disertai suara tulit. Karena mesin cuci dilengkapi dengan pengaman maka pada saat proses pengeringan pintu kurang rapat menutupnya maka akan muncul kode tersebut, bisa juga cuma hal sepele yang menyebabkan kode tersebut muncul semisal penempatan pakaian dalam tabung tidak rata.
 

 2.Kode error "E9" artinya:
Kode E9 pada mesin cuci 1 pintu merk Sharp, biasanya kode error pada sensor level ketinggian atau banyaknya air yang masuk ke dalam drum pencuci. Bila alat sensor pendeteksi level ketinggian air ini rusak atau tidak bekerja selama hitungan menit/ waktu yang digunakan untuk mengisi air dari selenoid.
3.Air terus diisi terus sampai penuh(over level).
-ada kebocoran membran sensor level atau selang sensor level bocor

dll

Rabu pukul 0:26 · Telah disunting · · 2
Rico Darmawan saya pernah nemuin Merk LG
1. DE = Door Error ( pintu terbuka / Magnet pintu lepas )
2. PE = Pressure Error ( Pressure Switch masalah )
3. IE = Inlet Error ( inlet Valve / Air Masuk masalah )
4. UE = Ubalance Error ( Beban Baju tidak rata )

5 komentar:

  1. kak kalau error PE gimana cara perbaikinya, mohon bantuannya, makasih.

    BalasHapus
  2. bos kalo error kode E6 kerusakan apa? tolong bantu saya. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, sementara terlalu sibuk penkerjaan di proyek. Klu blh tau mesin cuci type apa merk apa? Keluhanya gmana?

      Hapus
  3. Terima kasih banyak, Pak. Mesin cuci LG saya tadi pagi tampilkan kode Error dE. Didalam tabung mesin cuci saya temukan sebuah lempengan magnet bulat, kecil dan tipis nempel di tabung. Dan di atas tempat untuk memasukkan sabun/deterjen saya temukan sepotong kecil benda mirip kayu. Saya ngomel pada anak saya yang mengira di saku bajunya ada magnet sehingga merusakkan mesin cuci. Hampir satu jam saya coba-coba jadi tukang servic amatiran, tapi hasilnya nihil. Wah, saya berpikir sudah, berapa ongkos perbaikan mesin cuci saya. Eh, tiba-tiba saya ingat internet. Selama ini saya hanya ingat bahwa internet adalah media untuk mencari solusi dunia komputer dan printer. Saya pikir, coba minta tolong Mbah Google utk mencari solusi mesin cuci saya. Pulang kantor langsung buka internet, lalu ketikkan: "Solusi kode error dE mesnin cuci LG. Dan, taraaa, langsung blog ini nongol. Langsung saya buka, dan ketemulah solusinya. Untung magnet dan potongan yang saya kira potongan kayu pagi tadi tidak langsung saya buang. Saya lihat-lihat di mesin cuci, bagian mana sih yg lepas. Eh, ketemu. Ternyata potongan yg saya kira kayu tadi adalah potongan magnet yg seharusnya nempel di penutup yg langsung "terhubung" dg layar LCD mesin cuci. Saya coba opsi SPIN dulu --yg tadinya nggak mau--, olala... langsung cespleng! Aduh, sekali lagi terima kasih banyak, ya Pak. Kalau ke tukang service, mungkin saya sudah keluar ongkos panggil becak, dan ongkos service yg bisa jadi mahal karena kita dibohongi oleh tukang service yang mungkin saja mengatakan ada yang harus diganti. Terima kasih sekali lagi.

    BalasHapus
  4. bos....Mhn petunjuk mesin cuci saya LG WF-7500TC error (PE )bisa diperbaiki atau di ganti krn sering terjadi
    terima kasih

    BalasHapus